marrie luthu

marrie luthu

Rabu, 16 Desember 2009

MASALAH YANG DIHADAPI KOPERASI SAAT INI & SOLUSINYA


MASALAH YANG DIHADAPI KOPERASI SAAT INI & SOLUSINYA

Pada saat ini terdapat beberapa masalah yang dihadapi oleh koperasi. Masalah-masalah tersebut hendaknya berdampak pada kemajuan koperasi di Indonesia. Masalah-masalah tersebut yaitu:

1. Dinamisnya situasi pasar,

Solusinya : membawa koperasi keluar dari situasi pasar yang dinamis, agar tidak terjadi kesalahan pada kinerja koperasi.

2. Perubahan kondisi ekonomi global yang mengakibatkan gejolak harga,

Solusinya : Hendaknya koperasi tidak mengikuti harga ekonomi global yang selalu berubah-ubah. Koperasi menargetkan harga sesuai kemampuan masyarakat Indonesia dan berdasarkan kesepakatan anggota koperasi.

3. Aplikasi kebijakan pemerintah yang berdampak pada sektor koperasi,

Solusinya : Menghindari terjadinya dampak tersebut dengan cara mensejahterakan anggota koperasi dan meningkatkan kualitas koperasi.

4. Krisis ekonomi dan moneter yang berkepanjangan sangat berpengaruh besar terhadap produktivitas dan efisiensi koperasi, sehingga sebagian besar koperasi tidak mampu bertahan,

Solusinya : Meningkatkan kinerja koperasi dan mensejahterakan anggota koperasi agar walaupun terjadi krisis ekonomi dan moneter yang berkepanjangan koperasi dapat bertahan.

5. Dalam segi pembiayaan dan permodalan, karena seiring perkembangan ekonomi banyak investor menanamkan modalnya ke pihak luar atau non koperasi,

Solusinya : Agar koperasi dapat menarik investor dalam penanaman modal, hendaknya koperasi meningkatkan kualitasnya, baik dalam segi SDA maupun SDM, misalnya membuat tempat koperasi lebih bagus dan terlihat mewah, meningkatkan anggota koperasi yang pandai sehingga dapat menarik investor dari segi keanggotaan, menyediakan sumber daya alam yang berkualitas sehingga banyak masyarakat yang tertarik.

Dalam menghadapi permasalahan-permasalahan di atas, pemerintah hendaknya meningkatkan kemitraan koperasi dengan perusahaan negara agar daya saing koperasi lebih tinggi. Sehingga dengan itu koperasi dapat menjalankan amanatnya sebagai sebuah sistem perekonomian Indonesia yang mempunyai kontribusi besar bagi bangsa ini untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya masalah-masalah tersebut, diharapkan pemerintah dapat meningkatkan kesejahteraan koperasi dan membangun koperasi yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar